Rabu, 17 Oktober 2012

Sumpah Pemuda

Diposting oleh Unknown di 17.55








Pasti temen temen pernah disuruh menghapalkan Sumpah Pemuda seperti contoh gambar yang ada diatas kan? Dan juga disuruh mengetahui dan mengerti makna dari Sumpah Pemuda. Ya, emang harus kita para pemuda-pemudi mengerti apa sih makna dari Sumpah Pemuda itu. Oke, kita bahas. 

Bulan Oktober- Terdapat 2 peristiwa sejarah yang terjadi di Indonesia. Yaitu, Hari Kesaktian Pancasila yang terjadi pada tanggal dan Sumpah Pemuda yang terjadi pada tanggal 28 Oktober 1928.

Beberapa hari kedepan kita akan memperingati Sumpah Pemuda yang ke-84. Tanggal 28 Oktober 1928 generasi muda saat itu mendeklarasikan diri dalam Satu Tanah Air Indonesia, Satu Bangsa Indonesia dan Satu Bahasa Indonesia.

Dengan dicetuskannya Sumpah Pemuda itu, seluruh organisasi pergerakan yang ada di Tanah Air harus mengacu pada hasil Sumpah Pemuda 1928.

Sumpah Pemuda ini merupakan langkah menuju kemerdekaan Indonesia. Sumpah Pemuda membuat para pemuda memiliki kesamaan cita-cita untuk merdeka. Walaupun banyaknya penjajah yang mencengkram bangsa kita ini. 

Makna Sumpah Pemuda ini adalah bahwa Indonesia itu berbeda beda tetapi tetap satu. Maksudnya adalah biarpun beda bahasa, adat istiadat, dan keyakinan sekalipun, Indonesia tetap bersatu! Bersatu dalam satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa! nah itulah yang disebut Sumpah Pemuda. 

Apakah tementemen masih ingat tentang bagaimana sih perjuangan pahlawan kita untuk melahirkan Sumpah Pemuda ? 

Yap, mungkin orang tua kita atau kakak-kakak kita udah mengerti bagaimana perjuangan pahlawan kita untuk melahirkan Sumpah Pemuda  itu. 


Pasti dalam otak kalian langsung terbesit pertanyaan!

“TAPI KOK MASIH BANYAK YANG TAWURAN?”

Ya, mereka-mereka yang melakukan tawuran itu karena mereka lupa akan makna Sumpah Pemuda. Karena mereka gak tau apa itu makna Sumpah Pemuda. Nilai-nilai kesatuan dan persatuan yang ditunjukkan  para pemuda 84 tahun lalu sudah tidak tergambar pada saat ini. Sungguh mengecewakan bagi kita semua. Dan yang lebih miris lagi adalah karena tawuran itu dilakukan oleh kalangan pelajar dan mahasiswa yang terjadi dimana-dimana. Contoh tawuran yang terjadi pada waktu dekat ini adalah antara SMA  6 dan SMA 70 yang terjadi di Jakarta sampai menimbulkan akibat yang fatal. Yaitu melayangnya satu nyawa.

Ya, Harapan saya kepada para pemuda pada saat ini adalah:

-          -Semoga para pemuda-pemudi bersatu dalam bangsa Indonesia.
-         - Semoga para pemuda-pemudi mengerti bagaimana perjuangan para pahlawa kita.
-        -  Semoga para pemuda-pemudi mengingat dan mengerti makna Sumpah Pemuda.
-          -Semoga para pemuda-pemudi melakukan yang terbaik buat bangsa Indonesia.
-          -Semoga tidak ada lagi tawuran yang terjadi di bangsa Indonesia.

Sekian ya postingan saya. Makasih yang udah membacanya. Cemungudh  \(´▽`)/
 

0 komentar:

Posting Komentar

 

My Space ~( ˘ з˘ )♬♪ Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos