Jumat, 26 Oktober 2012

Mengapa Berkerut? (  ̄︿ ̄ )

Diposting oleh Unknown di 16.53


Mengapa jari tangan dan kaki saya berkerut di dalam bak mandi (dan mengapa bagian tubuh lainnya tidak)?  (·_·)

Sebelum membaca buku saya pun masih bingung dengan pertanyaan diatas. Tapi, setelah saya membaca buku, saya tau. Pertanyaan itu dipresentasikan oleh Christie, Ontario.
Dan berikut jawaban dari pertanyaan diatas :


Manusia ditumbuhi bulu-bulu (rambut) dimana saja, kecuali telapak tangan dan telapak kaki. Di berapa tempat, bulu kamu sangat lebat. Kamu tidak pernah bermimpi ingin disebut berbulu. Kita memiliki kelenjar didasar setiap rambut, yang disebut sebum. Kelenjar ini menghasilkan minyak yang menjaga kulit kita agar tidak terlalu basah atau tidak terlalu kering. Kulit menyerap air ketika kamu berendam dalam bak mandi, dan disinilah kunci hubungannya dengan pertanyaan kamu : kulit di tangan dan kaki mempunyai lapisan epidermis (lapisan kulit luar) yang tebal, tetapi telapak tangan dan telapak kaki tidak mempunyai sebum.

Ketika kulit tangan dan kaki kita direndam air, kulit bagian luar mengembang tetapi kulit bagian dalam kulit tidak. Artinya, ada kelebihan pada lapisan luar epidermis, disebut stratum corneum, dibandingkan lapisan bagian dalamnya. Akibatnya kelebihan kuliat dibagian luar menjadi keriput.

Peristiwa yang hampir sama terjadi di dunia anjing. Beberapa anjing peliharaan, seperti Shar-pei, mempunyai lebih banyak kuliat diwajahnya daripada anjing lainnya yang mempunyai ukuran kepala yang sama. Untuk tetap melekat pada kepala dan tidak jatuh seperti tirai, kulit mereka membentuk keriput. Bayangkan bahwa keriput pada lapisan luar kulit jadi kamu dan tengkorak Shar-pei sebagai lapisan dalam kulit jari kamu. Kulit luar ‘berkumpul’, sedangkan kulit bawahnya tidak. 

Mengapa tangan dan kaki tidak menghasilkan sebum? Karena kamu tidak akan mau mengambil sesuatu atau berjalan dengan tangan dan kaki yang “berminyak”. Benar begitu bukan? Pastinya susah tuh, licin. 

Kamu mau bereksperimen? Cobalah kamu mengolesi satu tangan kamu dengan minyak segera setelah kamu masuk ke dalam bak mandi dan lihatlah jika tangan yang satunya lebih berkeriput. 

Selamat mencoba. Dan semoga anda puas dengan postingan saya ini   ヾ( ̄ ▽  ̄) Bye~Bye~

0 komentar:

Posting Komentar

 

My Space ~( ˘ з˘ )♬♪ Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos